Kemasyarakatan

Bekal untuk Pelaku UMKM: Harus Kreatif dan Inovatif

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kini menjadi usaha yang banyak peminatnya. Pelaku usahanya sangat luas dan berkembang pesat. Dengan perkembangan ini, pemerintah pusat dan dan pemerintah daerah turut memberikan bantuan kepada pelaku usaha.

Bantuan itu bermacam-macam ada pelatihan, pemberian modal, pinjaman dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR yang diberikan dengan bunga yang murah dan tanpa agunan.

Pemerintah Kabupaten Dairi pun berkomitmen dengan hal itu. Pemerintah memberikan pelatihan bagi pelaku usaha dan memberikan KUR yang mudah. Hal demikian sejalan dengan pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19. Tujuan kita adalah untuk membangkitkan kembali semangat kerja dan ekonomi masyarakat.

Namun perlu diingat, sejalan dengan program dan dukungan pemerintah, pelaku wirausaha harus juga dibekali untuk memasarkan produk UMKM dan menggali potensi usaha yang ada.

Hal inilah yang menjadi tujuan kegiatan pembinaan dan sosialisasi kewirausahaan pelaku usaha mikro untuk pemberdayaan kelembagaan potensi dan pengembangan usaha mikro yang dilakukan Pemkab Dairi dalam hal ini Dinas PerindagkopUKM Dairi, hari ini di Sidikalang.

Bagi saya, untuk menjadi seorang wirausaha tidaklah mudah. Wirausaha adalah seorang yang punya ide kreatif dan inovatif. Wirausaha adalah seorang pemberani untuk melakukan hal baru. Lalu seorang wirausaha harus berani yang membuka pasar yang baru. Kemudian terus mengembangkan diri melalui cara yang kreatif.

Pesan saya kepada seluruh peserta, sadari potensi diri dan usaha. Ambil manfaat dari pelatihan ini semaksimal mungkin. Dan harapan saya, ayo pelaku usaha dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan potensi yang ada sehingga pengembangan dapat ditentukan secara terarah dan sistematis, untuk memanfaatkan ekonomi bagi masyarakat daerah. Semoga sukses.

#dairiunggul #temanekab #ekabcenter #eddyberutu.id

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button