BeritaOrganisasi

Bupati Dairi Terima Audiensi Pengurus SMSI

SIDIKALANG – Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu menyambut baik kehadiran Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Kabupaten Dairi. Ia juga mengharapkan kehadiran SMSI memberikan dampak positif bagi perkembangan media online di Kabupaten Dairi.

Selain itu ia juga mengharapkan kehadiran SMSI untuk mendata media online.

“Secara pribadi dan atas nama pemerintah Kabupaten Dairi, saya menyambut baik kehadiran SMSI. Saya senang,” kata Bupati Dairi Eddy Berutu saat menerima audiensi pengurus SMSI di Kabupaten Dairi, Senin(21/2).Eddy Berutu mengatakan, peran media dalam pembangunan sangat diperlukan.

Namun untuk saat ini, industri media mengalami pergeseran yakni dari media cetak ke media digital. Dan menurutnya, pemerintah telah membuat aturan agar setiap media diwajibkan melengkapi dokumen dan perusahaan yang sah.

“Aturan tersebut untuk membuat media-media di pusat dan daerah termasuk di Kabupaten Dairi untuk lebih profesional,” kata Eddy Berutu.

Selain itu, Eddy Berutu juga mengharapkan kehadiran SMSI untuk membangun ekosistem jurnalisme yang lebih baik.Ia pun mengharapkan SMSI dapat diterima Dairi khususnya masyarakat jurnalistik dan masyarakat.Selain itu, Eddy Berutu juga mengatakan masyarakat Dairi membutuhkan media profesional.

Sebab kata dia, saat ini perkembangan media sangat pesat terutama transformasi digital yang memungkinkan informasi dalam bentuk tulisan, gambar bahkan video dengan mudah dikonsumsi maka dibutuhkan pranata sosial untuk melindungi kepentingan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang benar dan bisa dipercaya.

Ia juga berharap, SMSI bisa menunjukkan perannya dalam mendorong kecakapan, keahlian, disiplin, dan menegakkan aturan dalam penyelenggaran media online di Dairi.

“Semua orang hendaknya memupuk jiwa profesionalisme dengan senantiasa mendorong dirinya untuk dapat mewujudkan kerja-kerja profesional,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Aryanto Tinambunan mengatakan, kehadiran SMSI dapat memberikan dampak positif bagi media online di Dairi.Aryanto mengatakan, SMSI bisa mendata media online di Dairi. Ia juga mengarapkan SMSI bisa bertujuan menangkal berita hoaks.

“Kami menyambut baik kehadiran SMSI. Kami senang SMSI ada di Dairi. Kami hanya meminta, SMSI dapat membantu pemerintah untuk mendata media-media online yang ada di Dairi,” katanya.

Selain itu, Aryanto juga mengharapkan SMSI mengingatkan media online untuk melengkapi dokumen-dokumen resmi agar bisa terverifikasi oleh dewan pers.Sementara Ketua SMSI Dairi Rudi Sinaga mengatakan kehadiran SMSI untuk merangkul perusahaan-perusahaan media online di Kabupaten Dairi, untuk meningkatkan legalitasnya terferifikasi Dewan pers.

Ia pun mengatakan, SMSI juga hadir untuk menangkal berita-berita hoaks. Rudi juga mengajak bupati hadir dalam acara pengukuhan SMSI di Kabupaten Dairi, Minggu ini.

“Saya juga kami mengajak pak bupati hadir dalam pengukuhan pengurus SMSI Dairi,” ajak Rudi Sinaga didampingi Yustin Sianipar sebagai sekretaris.

Dalam audiensi tersebut, turut hadir Kepala Kesbangpol Mahadi Kudadiri.

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button