Kemasyarakatan

Silalahi Projects dan Kelas Kreatif, Salut

Beberapa hari lalu, saya diundang oleh satu komunitas tempat belajar anak-anak di kawasan Silahisabungan. Namanya Silalahi Projects. Lokasinya di Desa Silalahi 3.

Tadi siang saya berkesempatan singgah di sana usai membuka acara Digital Entrepreueurship Academy (DEA).

Tampak dari depan, kondisi sekretariatnya sederhana. Tidak ada plang yang mewah. Dari depan begitu polos.

Saya diajak oleh teman-teman pengelola Silalahi Projects masuk ke ruangan. Sampai di dalam rumah saya dibuat terkejut hasil kreatifitas mereka. Lihat kiri-kanan ada botol-botol bekas yang sudah dirakit. Ada tempat belajar. Lalu saya tanya, ‘ini kerajinan iya?,” tanyaku.

Seseorang pemuda dari depan menjawab. “Iya pak bupati, ini adalah hasil kreatifitas teman-teman. Ada bunga yang terbuat dari sendok-sendok bekas, adalah lagi botol-botol bekas rencananya dibuat jadi sofa. Ini adalah adalah kerajinan peserta les,” ucapnya kepada saya.

Mereka pun menjelaskan detail tentang Silalahi Projects ini. Silalahi Projects ini adalah kursus belajar di tengah pandemi. Anak-anak di sana diajari untuk belajar bahasa inggris, matematika dan kelas kreatif. Ide kreatif mereka itu muncul beberapa tahun selama pandemi anak-anak sekolah hanya belajar daring, jadi mereka mengajari anak-anak sekolah.

Tak hanya mengajar, Silalahi Projects ini juga menyediakan perpustaakaan gratis. Perpustakaan ini digunakan untuk anak sekolah.

Selain itu anak sekolah juga diajari untuk belajar komputer. Dengan peralatan sederhana anak sekolah juga diajarkan belajar komputer.

Lalu saya bertanya balik ke mereka. “Dananya dari siapa?. Mereka jawab sampai saat ini masih swadaya.

Saya pun mengacungkan jempol untuk mereka.

Menurut mereka Silalahi Projects ini sebagai program untuk membantu pemerintah dalam perkembangan desa dan kebersihakan lingkungan. Kegiatan ini diharapkan membawa dampak positif bagi lingkungan desa setempat.

Sebagai bentuk dukungan, saya memberikan sedikit bantuan kepada Silalahi Project. Saya sampaikan bantuan sebagai motivasi saja. Saya akan berkoordinasi dengan Perbankan dan dinas pendidikan agar komunitas ini segera dibantu. Saya sampaikan bantuan itu hanya motivasi saja. Tujuan sebenarnya adalah bagaimana saya bisa membantu anak-anak bisa belajar dengan nyaman itu.
#dairiunggul#silalahiprojects#kawasandanautoba#silahisabungan#eddyberutu.id



Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button