Teknokrasi

Tanam Kopi Bersama Penerima Penerima KUR Klaster

Bertempat di Desa Perjuangan Kecamatan Sumbul, hari in saya melakukan acara tanam bersama dengan petani penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) klaster kopi.

Usai melakukan penanaman, kepada petani saya menyampaikan tentang potensi unggulan Kabupaten Dairi. Kopi Sidikalang adalah komoditi unggulan Dairi yang sudah cukup dikenal. Namun belakangan, produksi kopi dari Dairi berkurang.

Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produktivitas kopi yaitu melalui penanaman secara serentak. Perlu saya sampaikan untuk tahun ini pemerintah Dairi akan melakukan penanaman 2 juta batang kopi dengan luas 1250 hektar yang anggarannya bersumber dari APBD kabupaten dan pihak swasta.

Selain itu, Maret 2022 lalu, Dirjen Perkebunan bapak Ali Jamil bahkan sudah turun ke Dairi untuk melakukan gerakan tanam kopi serentak di Kecamatan Parbuluan.

Saya sampaikan hal demikian adalah untuk mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang sekaligus mewujudkan program Pemerintah Dairi dan pusat yaitu gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) komoditi kopi.

Tak hanya gerakan tanam kopi, gerakan ini juga dibarengi dengan bantuan permodalan untuk petani kopi yakni menggalakkan KUR klaster. KUR klaster ini sumber pendanaan dengan bunga yang relatif kecil dan tanpa menggunakan agunan yang bekerja sama dengan PT Bank Sumut dan offtaker.

Saya berharap gerakan ini demi kesejahteraan petani kopi dan kejayaan kopi Sidikalang.

#dairiunggul #gerakcepat #gratieks #kopisidikalang #kopiindonesia #kur #petaniklasterkopi #kecamatansumbul #desaperjuangan #eddyberutu.id

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button